Ah, bagaimana mungkin? Bayi, kan, belum bisa berbicara. Jangan-jangan nanti dikira enggak waras. Mengapa penting mengajak bayi berbicara?

Jangan takut dianggap tak waras kala Anda mengajak si mungil berbicara. Bayi memang belum bisa berkata-kata, tapi tak berarti ia tak mampu untuk diajak berbicara.


Para ahli menganjurkan orangtua agar mulai mengajak berbicara anak sejak ia lahir dan jangan pernah berhenti. Biasakan untuk selalu mengomentari apa saja yang Anda lakukan terhadap si bayi. Misalnya, saat mengganti popok, memandikan, menyusui, dan sebagainya. Katakan padanya setiap saat tentang apa saja yang Anda lihat di sekeliling Anda, maupun apa yang sedang Anda lakukan untuk diri sendiri seperti membaca atau bahkan memasak.

Pokoknya, ngomonglah apa saja kepada si bayi. Tataplah matanya dan Anda pun akan takjub melihat betapa ia sangat menaruh perhatian selama Anda berbicara. Seringkali ia bereaksi terhadap apa yang Anda katakan, seperti menjerit kesenangan atau cemberut kala ada yang tak disukainya. Tak percaya? Silakan Anda buktikan.

PENDENGARAN TAJAM
Belajar berbicara, seperti dikatakan Dr. Adi Tagor, Sp.A., DPH dari RS Pondok Indah Jakarta, merupakan kunci penting untuk mengarahkan si bayi pada kemampuannya berbahasa yang timbul setelah usia setahun sampai tiga tahun. \"Tujuannya mendorong perkembangan komunikasi verbal atau linguistic capability anak,\" jelasnya.

Pada tahap awal, bayi memulai \"pelajaran\" berbicara dengan mendengarkan. Karena itu, Adi Tagor menasehati, \"Biarkan bayi mendengarkan apa saja yang Anda katakan. Inilah langkah awal untuk memberinya pemahaman. Bila bayi banyak mendengar, ia akan cepat belajar bicara.\" Kemampuan mendengar suara pada bayi, sudah ada sejak ia masih di kandungan, pada sekitar usia 3-4 bulan kehamilan. \"Ada faktor intrinsik yang mengenal irama, kekerasan suara, frekuensi, dan nada-nada suara. Karena itu, bayi bisa menerima sinyal-sinyal meskipun belum mengerti,\" terangnya.

Setelah lahir, pendengaran bayi menjadi sangat peka. Suara menjadi jelas terdengar karena tak terhalang air ketuban maupun dinding perut ibu. Nah, lewat sinyal-sinyal verbal yang dilemparkan (sinyal audio), bayi akan memberi reaksi. \"Pada bayi lahir sampai usia 3-6 bulan, ada yang dinamakan refleks Moro. Jika mendengar suara keras, bayi akan bereaksi kaget dengan tangan ke atas. Bila ia tak bereaksi, mesti dicurigai si bayi tuli. Normalnya, reaksi ini menghilang di atas usia 6 bulan,\" tutur Adi Tagor.

Ia pun bukan cuma mampu mendengar dengan jelas setelah lahir, tetapi juga bisa melihat. Kedua indera ini (audio-visual) sangat penting baginya untuk mengembangkan intelektualitasnya. Pada bayi baru lahir, karena matanya belum jelas melihat, maka beri jarak 30 centimeter agar ia bisa melihat ekspresi Anda kala Anda berbicara dengannya.

Dalam perkembangan selanjutnya, belajar berbicara sangat penting dalam rangka pengenalan lingkungannya. Sebab itulah saat mengajaknya bicara, berikan pula banyak rangsangan pada semua panca indera bayi. Sambil bicara, misalnya, pegang atau elus tangannya (indera raba-sentuh). Dengan memfungsikan seluruh panca inderanya, bayi akan mengenal keinginannya dan kemudian dapat mengungkapkannya setelah ia mampu berbicara.

MENIRU
Satu hal penting yang harus diketahui para orangtua, kata Adi Tagor, bayi sangat suka menirukan suara. Dengan mengajaknya banyak bicara, ia akan makin banyak mengenal kata, terutama warna (timbre), nada, dan lagu/intonasi verbal. Semua ini akan sangat membantu perkembangan berbicaranya.

Di sisi lain, bayi juga senang bila Anda menirukan apa yang ia katakan. Kala ia bersuara, \"Uuu,\" misalnya, tirukan dan ulangi kepadanya. Begitu pun jika ia bersuara, \"Aaa.\" Permainan menirukan ini akan menjadi dasar bagi bayi untuk menirukan bahasa Anda kelak.

Lantaran itu, lulusan FKUI tahun 1963 ini menganjurkan, Anda hendaknya berbicara dengan menggunakan bahasa yang benar, tidak cadel. \"Jika bayi menerima sinyal audionya enggak baik atau tak jelas, maka proses keluaran (output) pun akan jelek. Seperti memfotokopi sesuatu dokumen yang jelek,\" paparnya.

Selain itu, dengan menggunakan bahasa yang benar dan jelas ucapannya, di kemudian hari Anda tak perlu repot-repot melakukan \"pembetulan\" kata-kata yang digunakan si kecil. Sebaliknya, si kecil pun tak akan mengalami kesulitan berkomunikasi dengan lingkungannya.

PERKEMBANGAN BICARA
Sejak usia 2 bulan, terang Adi Tagor, bayi sudah bisa menirukan tinggi rendah dan lagu atau intonasi suara kita. Ia pun dapat membedakan suara satu dengan lainnya, memberi respon dengan tersenyum atau tertawa. Sampai usia 6 bulan, tampak pada bayi yang dinamakan cannonic babbling, yakni lontaran-lontaran suara atau ocehan.

Di usia 8 bulan, ia sudah mengerti beberapa suara dan kata. Hal ini sangat berguna untuk membantu perkembangan pemahamannya. Ia pun mulai bisa berteriak untuk mencari perhatian, berespon kala namanya dipanggil, dan tertarik saat ada orang berbicara meski tak langsung tertuju pada dirinya.

Di usia 9 bulan, normalnya si bayi sudah bisa bicara dalam arti word (kata) seperti \"mama\", \"mimi\", \"pus\", yaitu nama yang merujuk kepada sesuatu maksud atau benda tertentu. Setelah umur setahun lebih, ia memiliki paling banyak 10-20 kata. \"Lebih banyak dari itu berarti lebih bagus brain development-nya,\" ujar Adi Tagor.

Bila konsentrasinya mulai ditujukan pada \"pelajaran\" berjalan, maka untuk sementara kemajuan berbicaranya menurun. Kendati demikian, tutur Adi Tagor, \"Perkembangan bahasa setiap bayi tak selalu sama. Ini tergantung berbagai aspek, yaitu aspek genetik perkembangan fisik yang berkaitan dengan kemampuan berbicara dan kemampuan intelektualitas, serta rangsangan dari lingkungan.\" Karena itu, lulusan Public Health National University of Singapore ini menekankan pentingnya peran ayah, ibu, dan orang lain di sekeliling si bayi untuk selalu mengajaknya bicara.

RANGSANGAN DINI
Tapi bagaimana jika si bayi tak juga menunjukkan respon untuk berbicara kala Anda mengajaknya ngobrol? Menurut Adi Tagor, ada beberapa sebab. Boleh jadi karena pendengarannya mengalami gangguan atau malah sama sekali tak bisa mendengar alias tuli. Bisa pula karena perkembangan otaknya (brain development) yang terganggu, sehingga perbendaharaan kosa katanya sangat minim.

Kemungkinan lain, ia menderita autisma, yakni ketidakmampuan berkomunikasi dengan lingkungan, asyik dengan dirinya sendiri, dan tertutup terhadap lingkungan.

Tapi Anda jangan panik dulu! Sejauh anak menirukan atau tak berhasil menirukan ucapan Anda, kemungkinan besar ia tak mengalami gangguan apapun. Yang penting, ia tetap menunjukkan kemampuannya berkomunikasi dengan lingkungan. Misalnya dengan menggunakan bahasa isyarat (body language), menunjuk sesuatu yang diinginkan atau mendorong sesuatu untuk menjauhkan dari yang tak disukainya.

Anda harus mendukung \"bahasa khusus\" tersebut bahwa kita mengerti apa yang dimaksud si bayi. Tentu saja tanpa melupakan tujuan akhirnya, yaitu percakapan yang sebenarnya. Jadi, manakala si bayi menunjuk pada botol susu, misalnya, jangan langsung membuatkannya susu dan kemudian memberikannya. Lebih baik tanyakan dulu, \"Adi mau susu?\" Tunggulah responnya. Jika ia mengerti pertanyaan Anda, ia mungkin akan mengangguk atau kembali menunjuk botol susu sambil mengeluarkan suara yang berarti, \"Ya, Adi mau susu.\"

Beberapa anak pada tahap ini hanya sulit untuk membentuk kata-kata. Hal ini biasanya akan terus berlanjut sampai masa prasekolah. Kadang sampai masa Taman Kanak-kanak atau kelas satu Sekolah Dasar, bila Anda tak segera mengatasinya. Nah, untuk mencegah keterlambatan berbicara, lakukan rangsangan dini (early stimulation), yakni membawa si bayi berkonsultasi ke klinik tumbuh kembang.

Pilihan lain, masukkan ia ke \"sekolah\". \"Bayi usia 6 bulan sudah bisa dimasukkan ke play group dini untuk peer education,\" ujar Adi Tagor. Anak ditarik pada sebayanya (peer stimulation), sehingga belajarnya akan lebih mudah, karena ada rasa perlu bersaing dan ingin sama dengan teman sebaya.

sumber : tabloid nakitahttp://ayahnadhifa.blogspot.com


BACA BERITA LAINNYA:

Hukum Aqiqah
Jual Kambing Kendit/Kendet
Tips Menjaga Kehamilan
TUNTUNAN AQIQAH DALAM ISLAM
Jual Kambing Super
Tips Hamil: Doa Agar Mudah Melahirkan Anak
Tata Laksana Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
kUMPULAN NAMA ANAK YANG ISLAMI
SENAM IBU HAMIL
Tip berpuasa romadhon bagi ibu hamil
8 Panduan Pola Makan Ibu hamil
Tips Menghadapi Saat Bersalin/melahirkan
Ceklist Persiapan Melahirkan
Ceklist Persiapan Melahirkan
KENALI TANDA-TANDA PERSALINAN
Tips Wajib Bagi Ibu Menyusui
Tips agar ASI lancar dan banyak
Tips Posisi Menyusui
Menabjubkan, Plasenta untuk obat strok,jantung,dll
Makanan Cerdas Saat Hamil
Tips Cepat Punya Anak/Momongan
Bagian-bagian daging kambing yang paling lezal
Tips Mengatasi Konstraksi Awal Kelahiran
Ternyata Menyusui Itu Membuat Langsing
Banyak Minum Es sewaktu hamil membuat janin besar?
Tips Ibu Hamil Tidak Mudah Marah (Mengelola Stres)
Mengatur Waktu Tidur Pada Ibu Menyusui pertama Kali
Cara Mengoptimalkan perkembangan Motorik Pada Bayi 4-6 Bulan
Tips Saat bayi Anda terserang batuk pilek
Hitungan Aplikasi Tenaga Surya Untuk Perumahan
Informasi dan Jadwal Imunisasi bagi Bayi Anda
Tips Ibu Hamil merasa Nyaman tidurnya
Belajar Menghitung Tanggal Kelahiran Bayi Anda
Tips Meningkatkan Peluang Agar Cepat Hamil
Info Penting \"Beberapa Fakta Tentang Rasa ASI\"
Bimbinglah belajar Mulai Dari Awal Kelahiran.....
Bagaimana Kalau Ibu Hamil Kurus?
Kok Bayiku Gak Mau Minum ASI?
Anak Kita Manja?Materialis, dan Hedonis? Salahkah kita dalam mengarahkan?
Sangat Penting Asam Folat pada Makanan Ibu Hamil
Latihan Fisik Ibu Hamil Untuk Persiapan Melahirkan Si kecil
Lima Hal penting untuk pertumbuhan otak Bayi Anda
Amankah Menggunakan Baby Walker??
Tips Mengatasi Panas dan Rewel Saat Akan Tumbuh Gigi
Manfaat Musik Bayi untuk Merangsang Kecerdasan Otak
Tips Memasak Daging Kambing
Tips Memasak Sayuran Yang Benar
Cara Agar Peralatan dari Teflon Awet
Belajar jadi "dokter pribadi" untuk si buah hati
4 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan
Tips Merawat Bayi Baru Lahir
Tips Dapur Higienis
Cara Mengolah Makanan Agar Tetap Sehat
10 Makan Penuh Gizi Untuk Ibu Hamil
Ayo Buat Dapur anda Sehat
Tips Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan
Setelah Melahirkan Bolehkah menggunakan Stagen atau Gurita?
Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Hamil
4 Hal Sangat Penting dilakukan Sesaat Setelah Kelahiran
Vitamin dan Suplemen Untuk Ibu Hamil
Perut Terasa Gatal di saat Hamil ?
Kelahiran Sudah Dekat
Cara Merawat Tali Pusar Bayi
7 hal Surpraise Saat menjadi Ibu Baru, Apa Saja?
Tips Kelahiran: 6 kesalahan saat mengejan
Tata cara Membuat Akte Kelahiran
10 Trik Lancar Bersalin
Tips Buat Ibu-Ibu Yang Kepingin Melahirkan Normal
Cara Alami Rangsang Mudah Dalam Persalinan
Kebutuhan Gizi Dasar Ibu Habis Melahirkan
Tanda dan Gejala Infeksi Sehabis Melahirkan
Masa Kritis Pasca Melahirkan
5 zat aditif/tambahan yang harus Dihindari
Cara Mengejan Yang Benar Saat Melahirkan
Cara Menentukan Jenis Kelamin Tanpa USG
Bolehkah Bayi Tidur Pakai Guling
Jangan Panik,Cara Jitu Menangani Bayi Menangis
Pilihan Musik Untuk Bayi
Tips Cermat Memilih Nama Bayi
CARA MENGATASI KECEMASAAN SAAT MELAHIRKAN
TIPS MENYUSUI SAAT BENCANA
Apakah itu scan 3D dan 4D?
17 Tanda-tanda Kehamilan
10 Tanda Kehamilan (Part 1)
10 Tanda Kehamilan (Part 2)
Sedikit Informasi Pada Saat Usia Kehamilan 7 bulan
Proses Kehamilan Secara Urut yang Wajib Anda Ketahui
Gelagat Ibu Hamil Cerminkan Jenis Kelamin Janin
TIPS MENYUSUI BAYI PREMATUR
OLAH RAGA PALING BAIK UNTUK IBU HAMIL
TIPS BUGAR SETELAH MELAHIRKAN
P3K IBU HAMIL
PENTING MENGHITUNG GERAKAN/TENDANGAN BAYI
RESIKO OBESITAS SAAT HAMIL
TIPS MENYUSUI BAYI PREMATUR
APA PENGARUHNYA EMOSI IBU TERHADAP PRODUKSI ASI
Tips Mengusir Susah Tidur Pada Ibu habis Melahirkan
DASYATNYA SHOLAT 1/3 MALAM
Cuaca Alam merupakan Rahmat Allah SWT
Siapa penghuni Surga dan Neraka?
Tiga hal dalam kebaikan
Tinggi Nabi Adam dan Semua Orang yang Masuk Surga ialah 60 Hasta
Mukjizat ketika Nabi Saw Memberi Makan 130 Orang dengan seekor biri-biri
hadits HARI INI ; PENYAMBUNG TALI SILATURAHMI
Hadits Hari Ini : Mengapa Harus Menjaga Lisan Kita
hadits Hari Ini :Sedekah; Penyelamat dari Api Neraka
Hadist Hari Ini : Jujur Itu Membawa ketentraman
Hadits Hari Ini : Ancaman Mengambil Hak Orang Lain
Hadits Hari Ini : Tutup Mulut Saat Akan Menguap
GANGGUAN MATA PADA BAYI
RESEP UNTUK MAKANAN BAYI : CARA MEMBUAT BUBUR NASI SAUS KUTUK
MENGATASI MATA BELEKAN PADA BAYI/BALITA
Bolehkah Wanita Hamil Berpuasa?
Mengatasi Gangguan Tidur Selama Kehamilan
Tips Berpuasa Selama Masa kehamilan
Tips Memerah ASI di Kantor
AMANKAH IBU HAMIL MENYUSUI BAYINYA?
WASPADAI KEGUGURAN
Cegah Lemas Waktu Puasa di Minggu 3-4
9 Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Mag
Praktis
Hemat
Syar'i
Tips Gerakan Senam Sehabis Melahirkan
TIPS CARA MEMIJAT IBU HAMIL OLEH AYAH
TIPS MENGATASI KEPUTIHAN DI SAAT HAMIL
TIPS AGAR BAYI TIDAK MENGANTUK SAAT MENYUSU
TIPS MENGATASI KONTRAKSI AWAL KELAHIRAN
TIPS PENGATURAN PENCAHAYAAN DI KAMAR BAYI
MENGENAL BERBAGAI JENIS KONSTRAKS
TIPS MAKANAN PERANGSANG KONSTRAKSI KEHAMILAN
TIPS MENYAJIKAN ASI
TIPS MELAHIRKAN NORMAL SETELAH MELAHIRKAN SESAR
GANGGUAN KEHAMILAN YANG BERULANG
SEBERAPA BANYAK KEBUTUHAN AIR IBU MENYUSUI?
10 Macam Kesalahan Orang Tua Baru
TIPS HIGIENIS SETELAH MELAHIRKAN
TIPS SUKSES MEMOMPA ASI
PERENCANAAN OPERASI SESAR SEBELUM KELAHIRAN
ANAK KEDUA TIDAK HARUS SESAR
SAAT HUJAN PERLUKAH BAYI MANDI 2 KALI?
WASPADA INFEKSI RAHIM PASCA MELAHIRKAN DAN BAGAIMANA PENANGANANYA.
TIPS MERAWAT JAHITAN PACA MELAHIRKAN
BEBERAPA JENIS JAHITAN PASCA MELAHIRKAN DAN PERAWATANNYA
Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Ibu Hamil Butuh Banyak Zat Besi
Kenali 5 Penyebab Diare Pada Awal Kehamilan
Amankah Makanan Ber-MSG Untuk Ibu Hamil?
Waspadai Bahaya Radiasi Ponsel Untuk Kesehatan Janin
10 Kemuliaan Wanita Hamil Dalam Islam
Manfaat ASI Ekslusif
Tips Mengatasi Mual di Pagi Hari Saat Hamil
Tips "Membujuk" Janin Agar Lahir Alami
Normal atau Tidaknya Kotoran Bayi Anda
CARA MEMBERSIHKAN PUSAR BAYI
Pentingnya Memuliakan Sesama Muslim Dan Ancaman Bagi Yang Menghinanya
Ucapan Salam Menumbuhkan Kasih Sayang
Tips agar Anak suka Sayuran
Mengatasi kepala peyang pada Bayi
Kuning Pada Bayi
Agar Anak Lahir Cerdas
Tips Puasa Sehat Untuk Ibu Menyusui
Makan Cokelat Bisa Cegah Preeklamsia Pada Ibu Hamil
Asupan Vitamin D Selama Kehamilan Turunkan Risiko Alergi Bayi
Tanda Bayi Susah Buang Air Besar & Cara Menanganinya
Pelukan Lembut Untuk Kesehatan Si Kecil
Tips Merawat Bayi Baru Lahir
Belajar Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Pasangan Muda
TIPS MEMANDIKAN BAYI BAGI IBU MUDA
Tips Mengatasi Batuk Dahak pada Bayi
Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan
Kesehatan Ibu Bayi Baru Lahir dan Anak
Penyebab Sariawan Pada Anak
DOS KEMASAN
DOS KEMASAN
ARMADA EKSLUSIF

Melati AQIQAH....?

InsyaAllah kami siap melayani pesanan Anda, ANDA SMS KAMI DATANG

PIN BB : 267AA99F, 0274 -8291155,081802737133

Pesan Sekarang

"Feedback Pelanggan"
Terima Kasih telah mempercayakan Aqiqah kepadaMelatiAQIQAH

{customer}