Bagaimana cara mengejan yang baik saat melahirkan? Ini adalah pertanyaan yang hampir selalu diungkapkan oleh klien saya di kelas hypnobirthing terutama mereka yang baru pertama kali hamil atau belum mempunyai pengalaman sama sekali tentang melahirkan pervaginam. Bahkan ada beberapa ibu yang notabenenya sudah berkali-kali melahirkna-pun masih kebingungan dengan cara mengejan yang baik karena mereka merasa selalu salah saat mengejan di persalinan yang lalu.
Nah lalu apakah ketika melahirkan si ibu harus mengejan dengan sekuat tenaga? Jawabannya adalah Tidak. Karena bahkan beberapa klien saya ada yang melahirkan tanpa mengejan padahal bayinya lumayan besar yaitu 4 kg. Wow, bagaimana rahasianya? Nah di artiikel ini saya akan mencoba share tentang cara mengejan yang baik saat melahirkan.
Mengejan adalah tahap akhir dalam persalinan sebelum Anda bertemu bayi Anda. Ini mungkin adalah Periode persalinan yang paling menyakitkan atau sumber terbesar dari ketakutan dan kekhawatiran seorang wanita karena seringkali mereka merasakan tidak apa yang harus dilakukan saat itu. Sulit untuk menggambarkan sensasi dan usaha yang terkait dengan mendorong janin atau mengejan dalam proses persalinan tetapi ada banyak teknikyang dapat dicoba kelahiran bayi Anda. Bidan, dokter dan pendamping akan memberikan bimbingan kepada Anda selama mengejan bila diperlukan.

Langkah 1 
Tunggu sampai dokter atau bidan menegaskan bahwa pembukaan serviks Anda benar-benar sudah sempurna. Ini berarti serviks telah membuka sekitar 10 centimeter. Memang terkadang Anda akan merasakan sensasi seperti ingin mengejan atau seperti hendak Buang Air Besar padahal pembukaan serviks belum sempurna. Nah jika Anda mengalami hal ini, usahakan untuk tidak meng-hejankan atau menuruti sensasi itu dengan berusaha untuk tetap tenang, rileks dan berusaha menarik nafas panjang dan dalam. Karena apabila Anda mengejan sebelum pembukaan serviks sempurna yang terjadi justru akan ada pembengkakan di serviks Anda dan itu justru dapat menyulitkan dan menghalangi proses persalinan Anda nanti

Langkah 2 
Carilah posisi yang paling nyaman untuk tubuh Anda. Berbagai posisi dianggap lebih efektif daripada yang lain, seperti jongkok, duduk bukannya terbaring di tempat tidur. Posisi yang dapat Anda lakukan sangatlah beragam, tergantung pada penggunaan epidural atau fasilitas persalinan.

Langkah 3 
Memanfaatkan kontraksi Anda ketika Anda mengejan. karena ini lebih efektif untuk mengejan selama kontraksi bukannya mengejan secara terus-menerus. Kontraksi dapat terjadi setiap lima menit bahkan tujuh menit untuk beberapa ibu dan dengan durasi antara 45 dan 90 detik. Sehingga ketika tidak ada kontraksi Anda justru bisa istirahat bahkan tertidur untuk sejenak, atau minum untuk memulihkan dan menyusun kembali energi Anda.

Langkah 4 
Dorong seperti jika Anda buang air besar, Ketika usaha ini diberikan, bayi dapat ditekan jalan lahir dan keluar vagina.

Langkah 5 
Bersantai di akhir kontraksi, duduk atau berbaring. Bahkan Anda juga bisa mengubah posisi Anda ketika kontraksi berakgir. Ini sangat penting untuk membantu mengoptimalkan posisi janin. Dan akan sangat membantu jika Anda memilih untuk mengambil posisi yang vertikal atau tegak karena gaya gravitasi bumi akan membantu janin lebih turun lagi ke jalan lahir. Memang akan terasa sangat susah bahkan terasa berat ketika Anda harus mengubah posisi misalnya dari posisi setengah duduk ke posisi jongkok ketika Anda berada atau bersalin di atas tempat tidur. Namun hal ini tidak berlaku bagi Anda yang emmilih untuk melahirkan di dalam air atau waterbirth karena dengan waterbirth Anda bisa bebas untuk mobilisasi dan merubah posisi selama persalina dan ini sangat membantu memperlancar proses persalinan Anda.
Langkah 6 
Jika memungkinkan, mintalah bidan atau dokter Anda untuk meletakkan cermin di dekat lubang vagina saat bayi mulai crowning, atau kepala terlihat di vagina. Hal ini dapat membantu beberapa ibu berkonsentrasi untuk mengejan di daerah ini. Bahkan ini dapat membantu sang ibu untuk lebih semangat lagi ketika mengejan. Sesuai pengalaman saya di lapangan saya selalu menganjurkan ibu untuk memegang kepala bayinya ketika kepala bayi sudah terlihat di vagina, hal ini ditujukan untuk meningkatkan dan merangsang hormon oksitosin yang ada didalam tubuh ibu sehingga kontraksi akan semkin seringd an si ibu pun merasa lebih semangat dan lebih “tersambung” dengan tubuhnya.

Langkah 7 
Lanjutkan untuk mengejan di setiap kontraksi sampai bayi dilahirkan. Dokter mungkin akan menyarankan dan memberi aba-aba kapan Anda harus mengejan jika Anda menggunakan epidural.

Tips dan Peringatan 
- Tarik nafas dalam ketika Anda hendak mengejan. Masukan dagu Anda ke dada Anda. Ingat bahwa mengejan dapat berlangsung antara 30 menit dan beberapa jam.
- Minumlah air, bisa juga air gula atau madu atau menyelipkan es batu di antara kontraksi untuk tetap terhidrasi.
- Berpindah dan merubah posisi jika Anda merasa perlu. Beberapa ibu akan menemukan posisi yang paling nyaman bagi tubuhnya untuk mengejan-kan bayinya. Dan bisa jadi ini bukan posisi terlentagn maupun setengah duduk. Ikuti insting dan naluri serta irama tubuh Anda. Dan komunikasikan dengan bidan atau dokter sehingga mereka bisa memfasilitasinya.
- Hindari mengejan ketika pembukaan servik belum lengkap. Kontraksi bisa membuat Anda merasakan dorongan yang tak terbantahkan untuk mendorong dan mengejan, namun ketika Anda mengejan dan posisis leher rahim saat itu masih sebagian tertutup justru dapat menyebabkan leber rahim membengkak. Istirahat dan tarik nafas panjang dan dalam meskipun kontraksi anda rasakan terus.
- Anda dapat saja tidak mengejan atau tidak sengaja menghejankan janin Anda selama persalinan. Kuncinya ada di nafas dan posisi Anda. Ketika Anda dapat selalu kontrol di nafas dan rileks juga dapat mengatur posisi yang paling nyaman maka bayi Anda akan melakukan tugasnya yaitu mendorong tubuhnya untuk keluar dari jalan lahir. Karena sebenarnya ketika Anda rileks maka seluruh otot di jalan lahir akan terbuka dan melebar. Ikutilah irama tubuh Anda, dan tanpa di hejankan dengan sengaja maka tubuh Anda akan mengejan dengan sendirinya. Anda cukup rileks dan tenang.
- Dorong ata mengejanlah seolah-olah Anda mengalami buang air besar - yang terbesar dalam hidup Anda. Dan berbicara tentang buang air besar, menaruh semua konsentrasi dan fokus saat mengejan - bukan menjadi khawatir apakah Anda akan dapat mengosongkan perut Anda. Karena pada dasarnya melahirkan rasanya hampir sama dengan membuang air besar bayangkan ketika Anda mengalami obstipasi atau sembelit bebera hari dan anda henda buang air besar, semakin Anda berusaha mengejan yang terjadi feaces semakin tidak bisa keluar karena ternyata semua otot Anda tegang, namun ketika Anda berusaha untuk rileks maka proses buang air besar justru semakin lancar.
- Ketika hendak mengejan cobalah untuk fokus dan tenang, dan bagi bidan atau dokter seharusnya mendukung hal ini dengan menjaga suasana yang tenang dan privat. Bidan tidak perlu berteriak-teriak untuk memberi aba-aba kepada ibu cukup berikan sugesti positif dan ajak ibu untuk mengikuti irama tubuhnya. Memang butuh kesabaran namun ini sangat baik untuk memperlancar proses persalinan.

Posisi untuk Mengejan
Beberapa posisi yang berbeda yang dapat digunakan untuk mengejan. Dalam semua posisi, menjaga dagu Anda ke bawah untuk membantu otot perut membantu rahim anda dalam mendorong bayi Anda. Anda mungkin dapat untuk mempercepat kemajuan persalinan jika Anda mencoba posisi di mana gravitasi membantu Anda (yaitu duduk, berdiri atau jongkok). Namun, jika bayi prosesnya atau lajunya cepat, Anda mungkin dapat memperlambat peregangan perineum dengan mencoba posisi di mana gaya gravitasi netral (yaitu berbaring miring atau merangkak). Hal ini penting untuk bereksperimen mencari titik kenyamanan Anda untuk mengejan dalam posisi yang berbeda.

Referensi
WhattoExpect.com: Pushing the Baby Out
California Pacific Medical Center: Labor: Second Stage/Pushing
Ina May Gaskin. (2003). Ina May's Guide to Childbirth

Salam Hangat

Sumber: http://ibuhamil.com/diskusi-umum/33977-bagaimana-cara-mengejan-yang-baik-saat-melahirkan-share-artikel.html#ixzz2mAbaswzJ


BACA BERITA LAINNYA:

Hukum Aqiqah
Jual Kambing Kendit/Kendet
Tips Menjaga Kehamilan
TUNTUNAN AQIQAH DALAM ISLAM
Jual Kambing Super
Tips Hamil: Doa Agar Mudah Melahirkan Anak
Tata Laksana Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
kUMPULAN NAMA ANAK YANG ISLAMI
SENAM IBU HAMIL
Tip berpuasa romadhon bagi ibu hamil
8 Panduan Pola Makan Ibu hamil
Tips Menghadapi Saat Bersalin/melahirkan
Ceklist Persiapan Melahirkan
Ceklist Persiapan Melahirkan
KENALI TANDA-TANDA PERSALINAN
Tips Wajib Bagi Ibu Menyusui
Tips agar ASI lancar dan banyak
Tips Posisi Menyusui
Menabjubkan, Plasenta untuk obat strok,jantung,dll
Makanan Cerdas Saat Hamil
Tips Cepat Punya Anak/Momongan
Bagian-bagian daging kambing yang paling lezal
Tips Mengatasi Konstraksi Awal Kelahiran
Ternyata Menyusui Itu Membuat Langsing
Banyak Minum Es sewaktu hamil membuat janin besar?
Tips Ibu Hamil Tidak Mudah Marah (Mengelola Stres)
Mengatur Waktu Tidur Pada Ibu Menyusui pertama Kali
Cara Mengoptimalkan perkembangan Motorik Pada Bayi 4-6 Bulan
Tips Saat bayi Anda terserang batuk pilek
Hitungan Aplikasi Tenaga Surya Untuk Perumahan
Informasi dan Jadwal Imunisasi bagi Bayi Anda
Tips Ibu Hamil merasa Nyaman tidurnya
Ayo Ajak Bayi anda Bicara,,Penting...Lho
Belajar Menghitung Tanggal Kelahiran Bayi Anda
Tips Meningkatkan Peluang Agar Cepat Hamil
Info Penting \"Beberapa Fakta Tentang Rasa ASI\"
Bimbinglah belajar Mulai Dari Awal Kelahiran.....
Bagaimana Kalau Ibu Hamil Kurus?
Kok Bayiku Gak Mau Minum ASI?
Anak Kita Manja?Materialis, dan Hedonis? Salahkah kita dalam mengarahkan?
Sangat Penting Asam Folat pada Makanan Ibu Hamil
Latihan Fisik Ibu Hamil Untuk Persiapan Melahirkan Si kecil
Lima Hal penting untuk pertumbuhan otak Bayi Anda
Amankah Menggunakan Baby Walker??
Tips Mengatasi Panas dan Rewel Saat Akan Tumbuh Gigi
Manfaat Musik Bayi untuk Merangsang Kecerdasan Otak
Tips Memasak Daging Kambing
Tips Memasak Sayuran Yang Benar
Cara Agar Peralatan dari Teflon Awet
Belajar jadi "dokter pribadi" untuk si buah hati
4 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan
Tips Merawat Bayi Baru Lahir
Tips Dapur Higienis
Cara Mengolah Makanan Agar Tetap Sehat
10 Makan Penuh Gizi Untuk Ibu Hamil
Ayo Buat Dapur anda Sehat
Tips Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan
Setelah Melahirkan Bolehkah menggunakan Stagen atau Gurita?
Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Hamil
4 Hal Sangat Penting dilakukan Sesaat Setelah Kelahiran
Vitamin dan Suplemen Untuk Ibu Hamil
Perut Terasa Gatal di saat Hamil ?
Kelahiran Sudah Dekat
Cara Merawat Tali Pusar Bayi
7 hal Surpraise Saat menjadi Ibu Baru, Apa Saja?
Tips Kelahiran: 6 kesalahan saat mengejan
Tata cara Membuat Akte Kelahiran
10 Trik Lancar Bersalin
Tips Buat Ibu-Ibu Yang Kepingin Melahirkan Normal
Cara Alami Rangsang Mudah Dalam Persalinan
Kebutuhan Gizi Dasar Ibu Habis Melahirkan
Tanda dan Gejala Infeksi Sehabis Melahirkan
Masa Kritis Pasca Melahirkan
5 zat aditif/tambahan yang harus Dihindari
Cara Menentukan Jenis Kelamin Tanpa USG
Bolehkah Bayi Tidur Pakai Guling
Jangan Panik,Cara Jitu Menangani Bayi Menangis
Pilihan Musik Untuk Bayi
Tips Cermat Memilih Nama Bayi
CARA MENGATASI KECEMASAAN SAAT MELAHIRKAN
TIPS MENYUSUI SAAT BENCANA
Apakah itu scan 3D dan 4D?
17 Tanda-tanda Kehamilan
10 Tanda Kehamilan (Part 1)
10 Tanda Kehamilan (Part 2)
Sedikit Informasi Pada Saat Usia Kehamilan 7 bulan
Proses Kehamilan Secara Urut yang Wajib Anda Ketahui
Gelagat Ibu Hamil Cerminkan Jenis Kelamin Janin
TIPS MENYUSUI BAYI PREMATUR
OLAH RAGA PALING BAIK UNTUK IBU HAMIL
TIPS BUGAR SETELAH MELAHIRKAN
P3K IBU HAMIL
PENTING MENGHITUNG GERAKAN/TENDANGAN BAYI
RESIKO OBESITAS SAAT HAMIL
TIPS MENYUSUI BAYI PREMATUR
APA PENGARUHNYA EMOSI IBU TERHADAP PRODUKSI ASI
Tips Mengusir Susah Tidur Pada Ibu habis Melahirkan
DASYATNYA SHOLAT 1/3 MALAM
Cuaca Alam merupakan Rahmat Allah SWT
Siapa penghuni Surga dan Neraka?
Tiga hal dalam kebaikan
Tinggi Nabi Adam dan Semua Orang yang Masuk Surga ialah 60 Hasta
Mukjizat ketika Nabi Saw Memberi Makan 130 Orang dengan seekor biri-biri
hadits HARI INI ; PENYAMBUNG TALI SILATURAHMI
Hadits Hari Ini : Mengapa Harus Menjaga Lisan Kita
hadits Hari Ini :Sedekah; Penyelamat dari Api Neraka
Hadist Hari Ini : Jujur Itu Membawa ketentraman
Hadits Hari Ini : Ancaman Mengambil Hak Orang Lain
Hadits Hari Ini : Tutup Mulut Saat Akan Menguap
GANGGUAN MATA PADA BAYI
RESEP UNTUK MAKANAN BAYI : CARA MEMBUAT BUBUR NASI SAUS KUTUK
MENGATASI MATA BELEKAN PADA BAYI/BALITA
Bolehkah Wanita Hamil Berpuasa?
Mengatasi Gangguan Tidur Selama Kehamilan
Tips Berpuasa Selama Masa kehamilan
Tips Memerah ASI di Kantor
AMANKAH IBU HAMIL MENYUSUI BAYINYA?
WASPADAI KEGUGURAN
Cegah Lemas Waktu Puasa di Minggu 3-4
9 Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Mag
Praktis
Hemat
Syar'i
Tips Gerakan Senam Sehabis Melahirkan
TIPS CARA MEMIJAT IBU HAMIL OLEH AYAH
TIPS MENGATASI KEPUTIHAN DI SAAT HAMIL
TIPS AGAR BAYI TIDAK MENGANTUK SAAT MENYUSU
TIPS MENGATASI KONTRAKSI AWAL KELAHIRAN
TIPS PENGATURAN PENCAHAYAAN DI KAMAR BAYI
MENGENAL BERBAGAI JENIS KONSTRAKS
TIPS MAKANAN PERANGSANG KONSTRAKSI KEHAMILAN
TIPS MENYAJIKAN ASI
TIPS MELAHIRKAN NORMAL SETELAH MELAHIRKAN SESAR
GANGGUAN KEHAMILAN YANG BERULANG
SEBERAPA BANYAK KEBUTUHAN AIR IBU MENYUSUI?
10 Macam Kesalahan Orang Tua Baru
TIPS HIGIENIS SETELAH MELAHIRKAN
TIPS SUKSES MEMOMPA ASI
PERENCANAAN OPERASI SESAR SEBELUM KELAHIRAN
ANAK KEDUA TIDAK HARUS SESAR
SAAT HUJAN PERLUKAH BAYI MANDI 2 KALI?
WASPADA INFEKSI RAHIM PASCA MELAHIRKAN DAN BAGAIMANA PENANGANANYA.
TIPS MERAWAT JAHITAN PACA MELAHIRKAN
BEBERAPA JENIS JAHITAN PASCA MELAHIRKAN DAN PERAWATANNYA
Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Ibu Hamil Butuh Banyak Zat Besi
Kenali 5 Penyebab Diare Pada Awal Kehamilan
Amankah Makanan Ber-MSG Untuk Ibu Hamil?
Waspadai Bahaya Radiasi Ponsel Untuk Kesehatan Janin
10 Kemuliaan Wanita Hamil Dalam Islam
Manfaat ASI Ekslusif
Tips Mengatasi Mual di Pagi Hari Saat Hamil
Tips "Membujuk" Janin Agar Lahir Alami
Normal atau Tidaknya Kotoran Bayi Anda
CARA MEMBERSIHKAN PUSAR BAYI
Pentingnya Memuliakan Sesama Muslim Dan Ancaman Bagi Yang Menghinanya
Ucapan Salam Menumbuhkan Kasih Sayang
Tips agar Anak suka Sayuran
Mengatasi kepala peyang pada Bayi
Kuning Pada Bayi
Agar Anak Lahir Cerdas
Tips Puasa Sehat Untuk Ibu Menyusui
Makan Cokelat Bisa Cegah Preeklamsia Pada Ibu Hamil
Asupan Vitamin D Selama Kehamilan Turunkan Risiko Alergi Bayi
Tanda Bayi Susah Buang Air Besar & Cara Menanganinya
Pelukan Lembut Untuk Kesehatan Si Kecil
Tips Merawat Bayi Baru Lahir
Belajar Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Pasangan Muda
TIPS MEMANDIKAN BAYI BAGI IBU MUDA
Tips Mengatasi Batuk Dahak pada Bayi
Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan
Kesehatan Ibu Bayi Baru Lahir dan Anak
Penyebab Sariawan Pada Anak
DOS KEMASAN
DOS KEMASAN
ARMADA EKSLUSIF
Kelelahan PAda Ibu Hamil
Berapa lama anak tidur
Ibu Baru Harus Tahu Cara Mencuci Baju Bayi
Mengabaikan Anak, Menghambat Kemampuan Bicara Anak
Mainan Bayi: Kiat Memilih Mainan untuk Si Kecil yang Benar
Melahirkan Secara Normal Banyak Manfaatnya Lho!
Tips dan Cara Memilih Pakaian Bayi
Pijat Pada Bayi
Penyebab Obesitas Dan Pencegahan Obesitas Pada Anak
MENGATASI DEMAM PADA ANAK TANPA OBAT OBATAN
Menjaga Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Melati AQIQAH....?

InsyaAllah kami siap melayani pesanan Anda, ANDA SMS KAMI DATANG

PIN BB : 267AA99F, 0274 -8291155,081802737133

Pesan Sekarang

"Feedback Pelanggan"
Terima Kasih telah mempercayakan Aqiqah kepadaMelatiAQIQAH

{customer}