10 Kesalahan Orangtua Baru

10 Kesalahan Orangtua Baru Ayahbunda.co.id

Image by : Dokumentasi Ayahbunda

Setelah menyandang gelar orangtua baru setelah kelahiran sang buah hati, selain rasa bahagia yang sudah pasti Anda rasakan, Anda pun mau tidak mau harus berhadapan dengan hal-hal baru seperti menyusui, bangun tengah malam, mengganti popok hingga mencoba memahami makna tangisan bayi sebagai bagian dari rutinitas harian. Meskipun Anda sudah merasa mempersiapkan diri sebaik-baiknya, namun akan selalu ada beberapa hal yang terlewat.  


1.Terlalu banyak barang
Siapa yang dapat menahan diri dari godaan perlengkapan bayi yang lucu-lucu? Rasanya ingin membeli semua. Namun, terlalu banyak barang di dalam boks bayi justru dapat memberi stimulasi berlebih dan membuat bayi sulit tidur. Bahkan disinyalir menjadi pemicuSudden Infant Death Syndrome (SIDS) -kematian mendadak pada bayi yang disebabkan sulit bernapas karena bayi bisa saja tertimpa barang yang ada di dalam boks.
 
Perbaiki dengan:
Hindari menaruh boneka, selimut atau bantalan pelindung di sekeliling boks. Pilihlah alas kasur yang padat dan seprei dengan ukuran yang sesuai dengan besarnya kasur. Tidak perlu menggunakan bantal atau penopang kepala. 

2. Lupa merawat diri 
Tak salah merawat anakmenjadi prioritas bagi Anda, tapi akan salah jika pada akhirnya Anda menjadi lupa untuk merawat diri sendiri, seperti menunda waktu mandi, makan bahkan buang air. Karena hal ini akan berbahaya pada kesehatan Anda.

Perbaiki dengan:
Luangkan waktu sesaat untuk mandi, tidak perlu terlalu lama, 5 menit saja cukup. Sementara Anda mandi, titipkan pengawasan si kecil pada orang di sekeliling Anda. Anda juga tetap bisa berolahraga dengan mengajak bayi keliling di lingkungan rumah. Jangan lupa juga konsumsi makanan yang sehat. 

3. Membandingkan-bandingkan 
Rasa cinta terhadap anak seringkali menjadikan bunda berjiwa kompetitif dan hanya menganggap bahwa anak Anda sajalah yang lucu dan hebat. Akibatnya Anda sering membandingkan tumbuh kembang bayi Anda dengan bayi lain. Sedikit saja ada perkembangan yang tidak sesuai dengan milestone-nya, Anda langsung cemas. Kebiasaan membandingkan ini tidak selamanya baik karena harus disadari setiap bayi memiliki pola perkembangannya masing-masing. 

Perbaiki dengan:
Temui dokter anak Anda jika Anda merasa perkembangan bayi Anda lebih lambat dibandingkan bayi lain. Jangan cepat mengambil kesimpulan karena bawaan lahir setiapbayi akan sangat memengaruhi bagaimana bayi masuk ke tahap perkembangannya.

4. Mengasuh ‘sendiri’
Anda sering lupa melibatkan ayah dalam pengasuhan dan merasa tanggungjawab mengasuh hanya ada pada diri Anda. Faktanya, tak sedikit ayah yang memiliki kemampuan merawat bayi sama hebatnya dengan ibu.

Perbaiki dengan:
Ajak ayah bekerja sama untuk mengasuh bayi, dengan memintanya ikut memandikan, mengganti popok atau sekadar menggendongnya sesaat setelah Anda menyusui. Selain meringankan tugas Anda, mengajak ayah berperan serta juga akan mempererat bondingbayi dengan ayahnya.

5. Ketat pada jadwal tidur bayi
Disiplin menerapkan rutinitas adalah baik, namun menerapkannya pada bayi belum tentu memberi manfaat yang baik. Karena bayi masih mencari pola tidurnya, saat ia lelah dan mengantuk ia akan tidur dengan sendirinya. Memaksakan jadwal tidur pada bayi hanya akan membuat Anda dan dia frustasi.

Perbaiki dengan:
Fleksibellah terhadap jadwal tidur dan jadwal minum susu. Karena bayi masih belajar menyesuaikan dengan dunia baru di luar kandungan yang dihadapinya saat ini sementara organ-organ tubuh bayi pun sedang tumbuh untuk menjadi sempurna sehingga bayi bisa saja mencerna lebih lama.

6. Tidak enjoy  merawat bayi
Banyak orangtua baru terlalu ‘serius’ dalam mengasuh anak sehingga tidak dapat menikmati setiap momen indah yang terjadi. 
 
Perbaiki dengan:
Yang pasti, hindari stres sehingga Anda dapat menikmati setiap momen Anda dengannya sambil bersyukur. Anda bisa menunjukkannya dengan lebih sigap menjadi orangtua dalam memberikan yang terbaik untuknya, misalnya menjaga kecukupan kebutuhan nutrisinya, memastikan kesehatannya terjamin dan selalu menstimulasi perkembangannya. Jika Anda mulai merasa lelah, cobalah untuk mengingat kembali bahwa makhluk kecil di hadapan Anda adalah hadiah terindah dari Tuhan. 

7. Jadi supermom
Mungkin saja Anda memang andal dalam melakukan pekerjaan rumah tangga yang sangat banyak. Namun, sadarlah bahwa Anda juga memerlukan ‘’me time’’ untuk diri Anda. Berkeinginan keras bisa merawat sendiri bayi dan juga melakukan tugas rumah tangga lainnya mungkin saja baik (untuk sementara), karena pada satu titik Anda pasti akan merasa lelah dan mudah marah. Menjadi seorang ibu yang baik bukan berarti menjadi supermom lho!

Perbaiki dengan:
Jangan pernah menolak bantuan dari orang-orang di sekitar Anda. Misalnya untuk memasakkan makanan, mencuci piring atau membantu Anda mengawasi si kecil saat Anda perlu untuk mengurus diri sendiri. ‘’Selama tiga bulan pertama setelah melahirkan, tugas Anda hanya untuk merawat bayi dan merawat diri Anda,’’ tutur Cheryl Wu, M.D, dokter anak di New York Amerika Serikat.

8. Merasa tidak cukup memberi makan 
Ketika bayi Anda menangis, hal pertama yang terlintas di pikiran Anda adalah ia kelaparan. Belum tentu saat menangis bayi kelaparan lho bunda! Bayi menangis bisa saja karena ia lelah, terlalu banyak menerima rangsangan, kepanasan, tidak nyaman atau jenuh.

Perbaiki dengan:
Kenali pola tangis bayi Anda. Di awal mungkin saja sulit tapi jika Anda benar-benar memperhatikannya Anda pasti bisa membedakan antara tangisan kelaparan, tangisan jenuh atau tangisan lelah. Dan, sebelumnya pastikan dulu pada dokter anak Anda bahwa si kecil tumbuh dengan baik.

9. Tidak percaya naluri
Menjadi seorang ibu dan merawat seorang bayi yang tidak berdaya sesaat menjadi hal yang sangat membingungkan bagi Anda. Anda pun sering terjebak oleh keraguan saat harus memutuskan tindakan apa yang akan dilakukan. Namun percayalah setiap ibu mempunyai naluri dan insting keibuan. Anda tak perlu bingung dan ragu.

Perbaiki dengan:
Cari tahu pada sumber terpercaya tentang pengasuhan bayi, yaitu ke dokter anak atau bidan. Bayi adalah guru terbaik Anda, seiring waktu yang Anda lewati untuk merawat si kecil, Anda akan semakin percaya bisa merawatnya dengan baik. Dan, percaya dengan naluri Anda sebagai seorang ibu.

10. Tidak memiliki jadwal tidur
Banyak orangtua yang memaklumi jika bayinya memiliki jam tidur yang tidak teratur. Untukbayi baru hingga usia tiga bulan, hal ini memang normal, ketika ia akan tidur kapan saja dan di mana saja. Namun memasuki usia 4 bulan, bayi seharusnya sudah mempunyai ritme tidur yang teratur. 

Perbaiki dengan:
Mulailah dengan membangunkan bayi Anda di pagi hari pada waktu yang sama setiap hari dan juga mulai menidurkan bayi di malam hari pada waktu yang sama. Begitupun untuk waktu istirahat pada siang hari. 

 

sumber:http://www.ayahbunda.co.id/


BACA BERITA LAINNYA:

Hukum Aqiqah
Jual Kambing Kendit/Kendet
Tips Menjaga Kehamilan
TUNTUNAN AQIQAH DALAM ISLAM
Jual Kambing Super
Tips Hamil: Doa Agar Mudah Melahirkan Anak
Tata Laksana Inisiasi Menyusui Dini (IMD)
kUMPULAN NAMA ANAK YANG ISLAMI
SENAM IBU HAMIL
Tip berpuasa romadhon bagi ibu hamil
8 Panduan Pola Makan Ibu hamil
Tips Menghadapi Saat Bersalin/melahirkan
Ceklist Persiapan Melahirkan
Ceklist Persiapan Melahirkan
KENALI TANDA-TANDA PERSALINAN
Tips Wajib Bagi Ibu Menyusui
Tips agar ASI lancar dan banyak
Tips Posisi Menyusui
Menabjubkan, Plasenta untuk obat strok,jantung,dll
Makanan Cerdas Saat Hamil
Tips Cepat Punya Anak/Momongan
Bagian-bagian daging kambing yang paling lezal
Tips Mengatasi Konstraksi Awal Kelahiran
Ternyata Menyusui Itu Membuat Langsing
Banyak Minum Es sewaktu hamil membuat janin besar?
Tips Ibu Hamil Tidak Mudah Marah (Mengelola Stres)
Mengatur Waktu Tidur Pada Ibu Menyusui pertama Kali
Cara Mengoptimalkan perkembangan Motorik Pada Bayi 4-6 Bulan
Tips Saat bayi Anda terserang batuk pilek
Hitungan Aplikasi Tenaga Surya Untuk Perumahan
Informasi dan Jadwal Imunisasi bagi Bayi Anda
Tips Ibu Hamil merasa Nyaman tidurnya
Ayo Ajak Bayi anda Bicara,,Penting...Lho
Belajar Menghitung Tanggal Kelahiran Bayi Anda
Tips Meningkatkan Peluang Agar Cepat Hamil
Info Penting \"Beberapa Fakta Tentang Rasa ASI\"
Bimbinglah belajar Mulai Dari Awal Kelahiran.....
Bagaimana Kalau Ibu Hamil Kurus?
Kok Bayiku Gak Mau Minum ASI?
Anak Kita Manja?Materialis, dan Hedonis? Salahkah kita dalam mengarahkan?
Sangat Penting Asam Folat pada Makanan Ibu Hamil
Latihan Fisik Ibu Hamil Untuk Persiapan Melahirkan Si kecil
Lima Hal penting untuk pertumbuhan otak Bayi Anda
Amankah Menggunakan Baby Walker??
Tips Mengatasi Panas dan Rewel Saat Akan Tumbuh Gigi
Manfaat Musik Bayi untuk Merangsang Kecerdasan Otak
Tips Memasak Daging Kambing
Tips Memasak Sayuran Yang Benar
Cara Agar Peralatan dari Teflon Awet
Belajar jadi "dokter pribadi" untuk si buah hati
4 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan
Tips Merawat Bayi Baru Lahir
Tips Dapur Higienis
Cara Mengolah Makanan Agar Tetap Sehat
10 Makan Penuh Gizi Untuk Ibu Hamil
Ayo Buat Dapur anda Sehat
Tips Mengatasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan
Setelah Melahirkan Bolehkah menggunakan Stagen atau Gurita?
Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Hamil
4 Hal Sangat Penting dilakukan Sesaat Setelah Kelahiran
Vitamin dan Suplemen Untuk Ibu Hamil
Perut Terasa Gatal di saat Hamil ?
Kelahiran Sudah Dekat
Cara Merawat Tali Pusar Bayi
7 hal Surpraise Saat menjadi Ibu Baru, Apa Saja?
Tips Kelahiran: 6 kesalahan saat mengejan
Tata cara Membuat Akte Kelahiran
10 Trik Lancar Bersalin
Tips Buat Ibu-Ibu Yang Kepingin Melahirkan Normal
Cara Alami Rangsang Mudah Dalam Persalinan
Kebutuhan Gizi Dasar Ibu Habis Melahirkan
Tanda dan Gejala Infeksi Sehabis Melahirkan
Masa Kritis Pasca Melahirkan
5 zat aditif/tambahan yang harus Dihindari
Cara Mengejan Yang Benar Saat Melahirkan
Cara Menentukan Jenis Kelamin Tanpa USG
Bolehkah Bayi Tidur Pakai Guling
Jangan Panik,Cara Jitu Menangani Bayi Menangis
Pilihan Musik Untuk Bayi
Tips Cermat Memilih Nama Bayi
CARA MENGATASI KECEMASAAN SAAT MELAHIRKAN
TIPS MENYUSUI SAAT BENCANA
Apakah itu scan 3D dan 4D?
17 Tanda-tanda Kehamilan
10 Tanda Kehamilan (Part 1)
10 Tanda Kehamilan (Part 2)
Sedikit Informasi Pada Saat Usia Kehamilan 7 bulan
Proses Kehamilan Secara Urut yang Wajib Anda Ketahui
Gelagat Ibu Hamil Cerminkan Jenis Kelamin Janin
TIPS MENYUSUI BAYI PREMATUR
OLAH RAGA PALING BAIK UNTUK IBU HAMIL
TIPS BUGAR SETELAH MELAHIRKAN
P3K IBU HAMIL
PENTING MENGHITUNG GERAKAN/TENDANGAN BAYI
RESIKO OBESITAS SAAT HAMIL
TIPS MENYUSUI BAYI PREMATUR
APA PENGARUHNYA EMOSI IBU TERHADAP PRODUKSI ASI
Tips Mengusir Susah Tidur Pada Ibu habis Melahirkan
DASYATNYA SHOLAT 1/3 MALAM
Cuaca Alam merupakan Rahmat Allah SWT
Siapa penghuni Surga dan Neraka?
Tiga hal dalam kebaikan
Tinggi Nabi Adam dan Semua Orang yang Masuk Surga ialah 60 Hasta
Mukjizat ketika Nabi Saw Memberi Makan 130 Orang dengan seekor biri-biri
hadits HARI INI ; PENYAMBUNG TALI SILATURAHMI
Hadits Hari Ini : Mengapa Harus Menjaga Lisan Kita
hadits Hari Ini :Sedekah; Penyelamat dari Api Neraka
Hadist Hari Ini : Jujur Itu Membawa ketentraman
Hadits Hari Ini : Ancaman Mengambil Hak Orang Lain
Hadits Hari Ini : Tutup Mulut Saat Akan Menguap
GANGGUAN MATA PADA BAYI
RESEP UNTUK MAKANAN BAYI : CARA MEMBUAT BUBUR NASI SAUS KUTUK
MENGATASI MATA BELEKAN PADA BAYI/BALITA
Bolehkah Wanita Hamil Berpuasa?
Mengatasi Gangguan Tidur Selama Kehamilan
Tips Berpuasa Selama Masa kehamilan
Tips Memerah ASI di Kantor
AMANKAH IBU HAMIL MENYUSUI BAYINYA?
WASPADAI KEGUGURAN
Cegah Lemas Waktu Puasa di Minggu 3-4
9 Tips Sehat Berpuasa Bagi Penderita Mag
Praktis
Hemat
Syar'i
Tips Gerakan Senam Sehabis Melahirkan
TIPS CARA MEMIJAT IBU HAMIL OLEH AYAH
TIPS MENGATASI KEPUTIHAN DI SAAT HAMIL
TIPS AGAR BAYI TIDAK MENGANTUK SAAT MENYUSU
TIPS MENGATASI KONTRAKSI AWAL KELAHIRAN
TIPS PENGATURAN PENCAHAYAAN DI KAMAR BAYI
MENGENAL BERBAGAI JENIS KONSTRAKS
TIPS MAKANAN PERANGSANG KONSTRAKSI KEHAMILAN
TIPS MENYAJIKAN ASI
TIPS MELAHIRKAN NORMAL SETELAH MELAHIRKAN SESAR
GANGGUAN KEHAMILAN YANG BERULANG
SEBERAPA BANYAK KEBUTUHAN AIR IBU MENYUSUI?
TIPS HIGIENIS SETELAH MELAHIRKAN
TIPS SUKSES MEMOMPA ASI
PERENCANAAN OPERASI SESAR SEBELUM KELAHIRAN
ANAK KEDUA TIDAK HARUS SESAR
SAAT HUJAN PERLUKAH BAYI MANDI 2 KALI?
WASPADA INFEKSI RAHIM PASCA MELAHIRKAN DAN BAGAIMANA PENANGANANYA.
TIPS MERAWAT JAHITAN PACA MELAHIRKAN
BEBERAPA JENIS JAHITAN PASCA MELAHIRKAN DAN PERAWATANNYA
Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Ibu Hamil Butuh Banyak Zat Besi
Kenali 5 Penyebab Diare Pada Awal Kehamilan
Amankah Makanan Ber-MSG Untuk Ibu Hamil?
Waspadai Bahaya Radiasi Ponsel Untuk Kesehatan Janin
10 Kemuliaan Wanita Hamil Dalam Islam
Manfaat ASI Ekslusif
Tips Mengatasi Mual di Pagi Hari Saat Hamil
Tips "Membujuk" Janin Agar Lahir Alami
Normal atau Tidaknya Kotoran Bayi Anda
CARA MEMBERSIHKAN PUSAR BAYI
Pentingnya Memuliakan Sesama Muslim Dan Ancaman Bagi Yang Menghinanya
Ucapan Salam Menumbuhkan Kasih Sayang
Tips agar Anak suka Sayuran
Mengatasi kepala peyang pada Bayi
Kuning Pada Bayi
Agar Anak Lahir Cerdas
Tips Puasa Sehat Untuk Ibu Menyusui
Makan Cokelat Bisa Cegah Preeklamsia Pada Ibu Hamil
Asupan Vitamin D Selama Kehamilan Turunkan Risiko Alergi Bayi
Tanda Bayi Susah Buang Air Besar & Cara Menanganinya
Pelukan Lembut Untuk Kesehatan Si Kecil
Tips Merawat Bayi Baru Lahir
Belajar Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Pasangan Muda
TIPS MEMANDIKAN BAYI BAGI IBU MUDA
Tips Mengatasi Batuk Dahak pada Bayi
Tips Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan
Kesehatan Ibu Bayi Baru Lahir dan Anak
Penyebab Sariawan Pada Anak
DOS KEMASAN
DOS KEMASAN
ARMADA EKSLUSIF
Kelelahan PAda Ibu Hamil
Berapa lama anak tidur
Ibu Baru Harus Tahu Cara Mencuci Baju Bayi
Mengabaikan Anak, Menghambat Kemampuan Bicara Anak
Mainan Bayi: Kiat Memilih Mainan untuk Si Kecil yang Benar
Melahirkan Secara Normal Banyak Manfaatnya Lho!
Tips dan Cara Memilih Pakaian Bayi
Pijat Pada Bayi
Penyebab Obesitas Dan Pencegahan Obesitas Pada Anak
MENGATASI DEMAM PADA ANAK TANPA OBAT OBATAN
Menjaga Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Melati AQIQAH....?

InsyaAllah kami siap melayani pesanan Anda, ANDA SMS KAMI DATANG

PIN BB : 267AA99F, 0274 -8291155,081802737133

Pesan Sekarang

"Feedback Pelanggan"
Terima Kasih telah mempercayakan Aqiqah kepadaMelatiAQIQAH

{customer}