Di dalam Islam, hewan kambing merupakan hewan yang dijadikan sebagai hewan qurban dan juga aqiqah. Pastinya kedua hal tersebut memiliki perbedaan, baik dalam waktu maupun tata caranya. Jika qurban dilakukan pada saat Hari Raya Idul Adha dan dirayakan oleh semua umat Islam maka, aqiqah hanya dilakukan oleh sebuah keluarga yang telah mendapatkan keturunan, baik itu perempuan maupun laki-laki.

Untuk pelaksanaan kedua hal tersebut, ada hukum dan ketentuan qurban dan aqiqah harus Ayah dan Bunda perhatikan dan ingat baik-baik. Ketentuan ini yang harus Ayah dan Bunda lakukan ketika sedang melaksanakan qurban atau aqiqah. Berikut ini perbedaan ketentuan antara qurban dan juga aqiqah.

Ketentuan Qurban

Pelaksanaan qurban merupakan hukum sunah muakkadah. Sunah muakkadah merupakan sunah yang dianjurkan bagi semua orang. Terlebih bagi orang yang mampu dalam segi lahiriah dan batiniah. Untuk waktu pelaksanaan qurban dilakukan setelah melaksanakan solat Idul Adha. Yaitu dalam tanggalan Islam pada tanggal 10 Dzulhijjah. Dilaksanakan dalam waktu satu tahun sekali. Oleh karena itu, Ayah dan Bunda diharapkan bisa melakukan qurban setiap tahunnya.

Untuk hewan yang digunakan dalam qurban bisa Ayah pilih sesuai dengan kemampuan dalam keluarganya. Beberapa hewan yang digunakan dalam qurban antara lain, kambing, sapi, unta, dan sejenisnya. Untuk jumlah hewan yang akan diqurbankan tidak ditentukan. Ayah bebas membeli hewan qurban berapapun. Disesuaikan dengan budget yang keluarga Ayah punya, sehingga masih bisa melaksanakan qurban setiap tahunnya.

Akan tetapi, dalam berqurban ditentukan dengan jumlah orang yang akan berqurban di suatu keluarga. Untuk seekor hewan kambing, hanya bisa dilakukan oleh satu orang saja tanpa boleh berpatungan untuk seekornya. Sedangkan, untuk seekor sapi atau unta, bisa dilakukan dengan berpatungan di dalam keluarga tersebut. Penyembelihan hewan qurban ini bermaksud agar Ayah tidak lupa untuk selalu bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan serta sebagai contoh bagi keluarga.

Ketentuan Aqiqah

Lain halnya dengan qurban, aqiqah bisa dilaksanakan kapan saja setelah hari ke 7, 14, atau 21 sang bayi hadir dari sebuah keluarga. Untuk penyembelihan hewan aqiqah, diwajibkan menggunakan kambing. Aqiqah wajib atau tidak pastinya harus Ayah dan Bunda lakukan selagi dalam keadaan mampu untuk melakukannya. Aqiqah anak perempuan menggunakan satu ekor kambing, sedangkan untuk anak laki-laki menggunakan dua ekor kambing.

Hewan kambing yang disembelih pada saat aqiqah bisa menggunakan jenis kelamin apa saja, baik jantan maupun betina. Tidak ada ketentuan dalam pemilihan jenis kelamin kambing. Asalkan hewan yang akan disembelih masih dalam keadaan sehat dan kuat. Daging aqiqah bisa Ayah dan Bunda bagikan untuk keluarga besar maupun para tetangga di sekitar rumah dan kerabat.


BACA BERITA LAINNYA:

Praktis
Hemat
Syar'i
Jual Kambing Kendit/Kendet
Jual Kambing Super
Tip berpuasa romadhon bagi ibu hamil
Hukum Aqiqah Dalam Islam Yang Perlu Ayah Dan Bunda Ketahui
Paket Aqiqah Jogja Yang Memudahkan Ayah Dan Bunda Dalam Acara Aqiqah
Lakukan Syarat Aqiqah Anak Perempuan Dan Laki-Laki Dan Beri Nama Yang Baik
Mengenal Acara Aqiqah Melalui Layanan Aqiqah Jogja
Kenali 7 Hikmah Aqiqah Bagi Umat Manusia
5 Keutamaan Melakukan Aqiqah Bagi Sang Buah Hati
Kenali 7 Perbedaan Mendasar Qurban Serta Aqiqah
Aturan Atau Syarat Hewan Untuk Aqiqah
Syarat Kambing Untuk Aqiqah Anak Perempuan Dalam Islam
Syarat Kambing Untuk Aqiqah Anak Laki – Laki
Hikmah Aqiqah Dalam Islam
Waktu Tepat Melaksanakan Aqiqah
Beda Aqiqah Anak Laki-Laki dan Perempuan
Hukum Aqiqah Diri Sendiri dan Makan Dagingnya
Aqiqah Jogja Paling Terpercaya
Paket Aqiqah di Jogja Termurah
Paket Aqiqah Terbaik
Keutamaan Aqiqah Dalam Agama Islam yang Perlu Untuk Diketahui
Memahami Aqiqah Dalam Islam
Ayah dan Bunda, Mengapa Kita Meski Beraqiqah Untuk Si Buah Hati?
Apa Saja Sih Syarat Kambing Aqiqah?
Memahami Hukum Aqiqah
Tempat Pesan Aqiqah di Jogja
Hukum Aqiqah Dalam Islam
Syarat Kambing Untuk Aqiqah
Rekomendasi Aqiqah Jogja
Hikmah Aqiqah dalam Islam
Menyambut Kehadiran Buah Hati dengan Aqiqah
Kemudahan Penyelenggaraan Akikah Jaman Sekarang

Melati AQIQAH....?

InsyaAllah kami siap melayani pesanan Anda, ANDA SMS KAMI DATANG

PIN BB : 267AA99F, 0274 -8291155,081802737133

Pesan Sekarang

"Feedback Pelanggan"
Terima Kasih telah mempercayakan Aqiqah kepadaMelatiAQIQAH

{customer}