Hukum dan ketentuan qurban dan aqiqah adalah dua hal yang berbeda. Namun kebanyakan dari masyarakat justru menganggap sama dua hal berbeda tersebut. Untuk mengetahui apa saja perbedaan yang yang terdapat dalam qurban serta aqiqah, maka ada baiknya jika anda simak penjelasannya di bagian bawah ini :

  1. Tujuan

Perbedaan pertama muncul dari tujuan yang dimilikinya, yang mana tujuan dari qurban yaitu untuk mengikuti serta memperingati peristiwa Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan untuk mengorbankan anaknya yaitu Ismail AS. Sedangkan tujuan dari aqiqah yaitu sebagai penebus dari orang tua atas lahirnya bayi yang dianugerahkan kepadanya.

      2. Penerima daging

Untuk daging qurban yang hendak dibagikan, umumnya penerima terdiri dari mereka yang termasuk dalam golongan fakir serta miskin, sedangkan untuk daging aqiqah tentunya dapat dibagikan pada siapa saja, sedangkan fakir serta miskin tentunya lebih diutamakan.

      3. Wujud daging

Dalam kegiatan qurban, wujud daging yang dibagikan tentunya berada dalam kondisi mentah. Sementara itu untuk daging aqiqah umumnya dibagikan dalam keadaan telah matang dan masak, sehingga siapa pun yang menerimanya dapat secara langsung menyantap daging tersebut.

      4. Waktu serta pelaksanaan

Untuk waktu pelaksanaannya qurban umumnya dilakukan pada bulan Dzulhijah lebih tepatnya pada tanggal 9, 10, 11, serta 12 Dzulhijah. Selain itu qurban juga dapat dilakukan setiap tahun bagi mereka yang mampu. Sedangkan waktu aqiqah menurut islam hanya dapat dilakukan sekali seumur hidup, lebih tepatnya pada hari ke-7 setelah dilahirkan, atau hari ke-14 dan juga hari ke-21.

      5. Jenis hewan

Ketika qurban hewan yang dapat disembelin adalah jenis hewan yang berkaki empat dan dikenal dengan dagingnya yang halal, seperti halnya sapi, kerbau, unta, rusa, dan lainnya. Sementara itu, untuk acara aqiqah hewan yang dapat digunakan hanya dibatasi pada jenis kambing saja.

      6. Aturan jumlah hewan

Selain beberapa bentuk perbedaan di bagian atas tadi, perbedaan juga muncul pada aturan jumlah hewan yang digunakan. Untuk qurban seseorang tentunya dapat menyembelih 1 ekor kambing bagi dirinya sendiri, sedangkan jika hewan yang digunakan adalah hewan besar maka dapat diatasnamakan bagi 7 orang berbeda. Sedangkan untuk aqiqah, umumnya bayi laki-laki diharuskan menggunakan 2 ekor kambing sedangkan bayi perempuan cukup dengan 1 kambing saja.

       7. Upah penyembelih

Bagi seseorang yang menyembelih hewan qurban tentunya ia tidak diperkenankan untuk mendapatkan upah. Hal ini jelas berbeda dengan mereka yang menyembelih hewan aqiqah yang mana dapat menerima serta meminta upah atas proses penyembelihan hewan yang telah dilakukan olehnya.  

Demikianlah kiranya beberapa bentuk perbedaan mendasar antara qurban serta aqiqah yang dapat penulis jelaskan kali ini, dan bagi ayah serta bunda yang ingin melaksanakan kegiatan aqiqah dengan lebih mudah, maka dapat menggunakan layanan paket akikah Jogja yang kami tawarkan.

 


BACA BERITA LAINNYA:

Praktis
Hemat
Syar'i
Jual Kambing Kendit/Kendet
Jual Kambing Super
Tip berpuasa romadhon bagi ibu hamil
Hukum Aqiqah Dalam Islam Yang Perlu Ayah Dan Bunda Ketahui
Perbedaan Antara Hukum Dan Ketentuan Qurban Dan Aqiqah
Paket Aqiqah Jogja Yang Memudahkan Ayah Dan Bunda Dalam Acara Aqiqah
Lakukan Syarat Aqiqah Anak Perempuan Dan Laki-Laki Dan Beri Nama Yang Baik
Mengenal Acara Aqiqah Melalui Layanan Aqiqah Jogja
Kenali 7 Hikmah Aqiqah Bagi Umat Manusia
5 Keutamaan Melakukan Aqiqah Bagi Sang Buah Hati
Aturan Atau Syarat Hewan Untuk Aqiqah
Syarat Kambing Untuk Aqiqah Anak Perempuan Dalam Islam
Syarat Kambing Untuk Aqiqah Anak Laki – Laki
Hikmah Aqiqah Dalam Islam
Waktu Tepat Melaksanakan Aqiqah
Beda Aqiqah Anak Laki-Laki dan Perempuan
Hukum Aqiqah Diri Sendiri dan Makan Dagingnya
Aqiqah Jogja Paling Terpercaya
Paket Aqiqah di Jogja Termurah
Paket Aqiqah Terbaik
Keutamaan Aqiqah Dalam Agama Islam yang Perlu Untuk Diketahui
Memahami Aqiqah Dalam Islam
Ayah dan Bunda, Mengapa Kita Meski Beraqiqah Untuk Si Buah Hati?
Apa Saja Sih Syarat Kambing Aqiqah?
Memahami Hukum Aqiqah
Tempat Pesan Aqiqah di Jogja
Hukum Aqiqah Dalam Islam
Syarat Kambing Untuk Aqiqah
Rekomendasi Aqiqah Jogja
Hikmah Aqiqah dalam Islam
Menyambut Kehadiran Buah Hati dengan Aqiqah
Kemudahan Penyelenggaraan Akikah Jaman Sekarang

Melati AQIQAH....?

InsyaAllah kami siap melayani pesanan Anda, ANDA SMS KAMI DATANG

PIN BB : 267AA99F, 0274 -8291155,081802737133

Pesan Sekarang

"Feedback Pelanggan"
Terima Kasih telah mempercayakan Aqiqah kepadaMelatiAQIQAH

{customer}