Tidak banyak orang bisa melaksanakan aqiqah saat si buah hati lahir karena berbagai alasan. Selain itu, biaya aqiqah juga tidak sedikit. Maka setelah tumbuh dewasa melakukan aqiqah diri sendiri. Lantas, seperti apa sih bunda, hukum aqiqah diri sendiri? Berikut ini penjelasan singkatnya.

Hukum aqiqah dilakukan oleh diri sendiri

Sebenarnya ada beberapa pendapat melakukan aqiqah diri sendiri. Namun kesimpulannya ada dua pendapat tentang melaksanakan aqiqah diri sendiri. Pertama aqiqah diri sendiri boleh dilakukan. Seperti yang dikatakan ulama Ar-Rafi’I, yakni jika seseorang tidak mengakikahkan anaknya hingga hari ketujuh sampai usia baligh, maka sunnah melakukan aqiqah sudah gugur.

Kedua, ada yang mengatakan bahwa aqiqah diri sendiri tidak wajib dilakukan. Pasalnya, hukum aqiqah sendiri berada di pundak orang tua, bukan anaknya. Pasalnya yang lebih sesuai dengan sunnahnya adalah orang tua atau ayah sebagai pencari nafkah.

Melihat kedua pendapat di atas memang cukup membingungkan. Namun itu semua kembali pada diri masing – masing. Jika memang memiliki rejeki cukup dan ingin mengakikahkan sendiri bisa dilakukan. Terlebih lagi, hal tersebut tidak dipaksakan. Toh, aqiqah adalah jalan ibadah kepada Allah SWT.

Hukum mengonsumsi daging aqiqah diri sendiri

Seperti yang diketahui bahwa pembagian daging aqiqah adalah sepertiga untuk fakir miskin, sepertiga untuk keluarga dan tetangga dan sepertiga untuk diri sendiri. Lantasbagaimana hukum makan daging aqiqah untuk diri sendiri?

Sebenarnya aturan untuk makan, menyedahkan dan memberikan merupakan aturan yang sama saat qurban. Hal ini disampaikan oleh Imam Syafi’I, lebih jelasnya lagi bahwa aqiqah hampir sama dengan ibadah qurban. Di mana, daging aqiqah bisa dikonsumsi sendiri. Namun alangkah baiknya, diberikan pada orang yang membutuhkan, yakni fakir miskin. Selain itu, berdasarkan riwayat daging aqiqah bisa dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.

Lantas, bolehkan daging digunakan untuk hajatan, bunda? Hal tersebut dilihat dalam konteks hajatan yang dilakukan. Di mana, daging aqiqah bisa digunakan untuk shohibul hajat. Namun jika daging aqiqah digunakan untuk acara dan tujuan yang berbeda dari syariat aqiqah, maka hal tersebut tidak diperbolehkan.

Hikmah melaksanakan aqiqah

Hikmah aqiqah dalam islam ada banyak, salah satunya adalah memperkuat ukhuwah islamiyah. Pasalnya, dalam acara aqiqah sendiri adalah aturan untuk saling berbagi. Aqiqah memang sunnah yang membungkus suatu kebahagian untuk dibagikan kepada orang lain.

Selain itu, aqiqah menjadi perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT atas karunianya, yakni kelahiran buah hati. Hal inilah yang menjadikan iman semakin kuat. Pastinya, mendapatkan pahala, karena aqiqah sebagai dari ibadah.

Saat ini melaksanakan aqiqah baik untuk ayah dan bunda atau diri sendiri tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, begitu banyak hikmah yang diberikan dengan melaksanakan aqiqah.


BACA BERITA LAINNYA:

Praktis
Hemat
Syar'i
Jual Kambing Kendit/Kendet
Jual Kambing Super
Tip berpuasa romadhon bagi ibu hamil
Hukum Aqiqah Dalam Islam Yang Perlu Ayah Dan Bunda Ketahui
Perbedaan Antara Hukum Dan Ketentuan Qurban Dan Aqiqah
Paket Aqiqah Jogja Yang Memudahkan Ayah Dan Bunda Dalam Acara Aqiqah
Lakukan Syarat Aqiqah Anak Perempuan Dan Laki-Laki Dan Beri Nama Yang Baik
Mengenal Acara Aqiqah Melalui Layanan Aqiqah Jogja
Kenali 7 Hikmah Aqiqah Bagi Umat Manusia
5 Keutamaan Melakukan Aqiqah Bagi Sang Buah Hati
Kenali 7 Perbedaan Mendasar Qurban Serta Aqiqah
Aturan Atau Syarat Hewan Untuk Aqiqah
Syarat Kambing Untuk Aqiqah Anak Perempuan Dalam Islam
Syarat Kambing Untuk Aqiqah Anak Laki – Laki
Hikmah Aqiqah Dalam Islam
Waktu Tepat Melaksanakan Aqiqah
Beda Aqiqah Anak Laki-Laki dan Perempuan
Aqiqah Jogja Paling Terpercaya
Paket Aqiqah di Jogja Termurah
Paket Aqiqah Terbaik
Keutamaan Aqiqah Dalam Agama Islam yang Perlu Untuk Diketahui
Memahami Aqiqah Dalam Islam
Ayah dan Bunda, Mengapa Kita Meski Beraqiqah Untuk Si Buah Hati?
Apa Saja Sih Syarat Kambing Aqiqah?
Memahami Hukum Aqiqah
Tempat Pesan Aqiqah di Jogja
Hukum Aqiqah Dalam Islam
Syarat Kambing Untuk Aqiqah
Rekomendasi Aqiqah Jogja
Hikmah Aqiqah dalam Islam
Menyambut Kehadiran Buah Hati dengan Aqiqah
Kemudahan Penyelenggaraan Akikah Jaman Sekarang

Melati AQIQAH....?

InsyaAllah kami siap melayani pesanan Anda, ANDA SMS KAMI DATANG

PIN BB : 267AA99F, 0274 -8291155,081802737133

Pesan Sekarang

"Feedback Pelanggan"
Terima Kasih telah mempercayakan Aqiqah kepadaMelatiAQIQAH

{customer}